Inilah Blog Kami...

Jumat, 16 Desember 2011

Penyedia Layanan Internet

Penyedia Layanan Internet dapat dibedakan berdasarkan tingkat layanannya sebagai berikut:

1.  Internet Network Provider (INP), yaitu penyedia layanan jaringan menuju Global Internet. Contoh penyedia layanan INP adalah Indosat.

2. Internet Service Provider (ISP), yaitu sebuah perusahaan yang memberikan akses Internet secara Individu atau untuk perusahaan dan berbagai macam layanan lain yang berhubungan dengan Internet, seperti website dan virtual hosting. Beberapa contoh ISP di Indonesia adalah Telkomnet Instan, Indosatnet, dan Wasantara.

3. Internet Content Provider (ICP), yaitu penyedia layanan jasa dalam pembuatan halaman web, penyajian informasi ke portal, bahkan membuat situs web. Contohnya adalah GudegNet, Dapurweb, Interaktif.

Layanan yang diberikan oleh ISP untuk terhubung ke Internet ada berbagai cara, antara lain sebagai berikut:

- Dial-up (Saluran Telepon Rumah)
Mengakses internet menggunakan saluran telepon rumah harus memiliki modem yang terpasang dikomputer dan dihubungkan dengan saluran telepon serta telah mendaftar ke ISP, misalnya ke Telkomnet Instan. Kecepatan maksimalnyaadalah 56 kbps. Jaringan yang digunakan dengan koneksi dial up memiliki jaringan yang luas.
Kelebihannya adalah dapat mengakses jaringan yang luas dan kekurangannya adalah harga yang relatif mahal, kecepatan kurang stabil, dan sangat tergantung pada beban percakapan jaringan telepon.

- ADSL
ADSL ( Asymetric Digital Subscriber Line) adalah teknologi yang memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data. Kecepatan maksimalnya 2 Mbps. Kelebihannya adalah telepon masih dapat digunakan dengan lancar. Kelemahannya adalah harga yang masih relatif mahal dan jaringan koneksi ini belum bisa tersedia di seluruh daerah.

- Wireless
Wireless atau dikenal dengan Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi. Frekuensi yang digunakan 2.4 GHz. Kemmpuan maksimalnya dalah 11 Mbps. Wifi bisa juga digunakan pada suatu ruangan, pusat perbelanjaan, kafe, dll. Hotspot adalah titik tempat yang memiliki sinyal wifi. Alat yang dibutuhkan wifi adalah card. 3usur pentingyang terdapat pada lokasi hotspot, adalah:
Acces Point, yaitu alat yang menghubungkan teknologi wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat pada computer.
Acces Controller, yaitu alat yang berguna untuk mengecek atau mengontrol orang yang akan memanfaatkan wifi apakah memiliki izin atau tidak.
Internet link, yaitu alat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan  internet
Dengan menggunakan wifi, kita dapat mengakses internet dengan cepat. Wifi mempunyai akses 11 mbps karena tidak menggunakan kabel (nirkabel). Kelemahan wifi memiliki keterbatasan jarak, yaitu maksimal 100 meter.

- Wireless Broadband (Wibro)
Teknologi Wibro masih dalam tahap pengembangan. Kecepatan aksesnya diperkirakan mencapai 512 kbps dengan jangkauan 1 km.

- Teknologi 3G
Teknologi 3G dikembangkan oleh operator GSM dan CDMA.

>Pada operator GSM, teknologi yang berkembang diawali oleh GPRS-EDGE (Enchaned Date Rates for GSM Revolution) –WCDMA (3G)

>Pada operator CDMA, teknologi yang berkembang diawali oleh IS95/CDMAOne (2G)-CDMA20001X (2,5G)-CDMA20001XEVDO (3G)-CDMA200001XEVDV (3G)

Teknologi 3G pada CDMA sama dengan EVDO. Teknologi 3Gmemiliki saluran yang lebih lebar dan kecepatan akses lebih tinggi. Teknologi dapat didukung oleh teknologi HSDPA High Speed Downlink Packet Access). Kecepatannya mencapai 2,6 Mbps. Kelemahan teknologi 3G adalah peralatan yang masih mahal. Misalnya saja, HP yang mendukung teknologi 3G masih berharga mahal.

0 komentar:

Poskan Komentar