Inilah Blog Kami...

Rabu, 30 November 2011

Pengertian Internet, Intranet, dan Ekstranet

Internet (huruf ‘I’ besar, lihat id.wikipedia.org/wiki/internet) singkatan dari Interconnected Network, yaitu suatu jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam satu jaringan Internet dapat berada di mana saja bahkan di seluruh dunia.

Internet sering juga diartikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai media komunikasi data yang berupa suara, gambar, video, dan teks. Informsi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan komputer yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan Internet.
Selain Internet, ada juga Intranet. Intranet adalah jaringan komputer yang saling tersambung digunakan oleh suatu sistem organisasi dengan luas tertentu. Misalnya, jaringan komputer PT Telom seluruh Indonesia. Jadi Intranet bisa dikatakan ‘Internet khusus’. Intranet berfungsi mengomunikasikan komputer satu dengan yang lain seperti Intenret, tetapi layanannya terbatas, tidak seluas dn seberagam di internet.
Definisi lain tentang Intranet adalah jaringan komputer dengan laynan seperti Internet, tetapi memiliki status lokal. Karena itu, internet juga disebut LAN (Lokal Area Network). Manfaat yang dapat diperoleh dengan dengan adanya jaringan Intranet, antara lain akses informasi menjadi lebih cepat, dapat melakukan tukar data, komunikasi menjadi lebih lancar, serta mendukung perwujudan paperless (penyelesaian pekerjaan tanpa kertas).
Internet juga bisa disambungkan dengan Internet, contohnya suatu perusahaan dapat membangun Internet agar informasi-informasi yang layak diketahui bersama dapat diperoleh secara mudah dan cepat. Fasilitas layanan e-mail lokal, akan menghasilkan sistem paperless yang berdampak pada efisiensi keuangan dari sebuah perusahaan karena tidak banyak mengeluarkan kertas.
adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol Internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
Ekstranet adalah sebuah tipe dari sistem informasi interorganisasi yang memungkinkan orang-orang dari luar perusahaan untuk bekerja bersama dengan pekerja yang berada di dalam perusahaan. Secara umum diartikan sebagai sebuah jaringan yang menghubungkan antara mitra-mitra bisnis melalui internet atau dapat diartikan sebagai jaringan yang menghubungkan jaringan-jaringan intranet antara perusahaan-perusahaan yang bekerjasama. Tujuan utama dari ekstranet adalah untuk menggalang terjadinya kolaborasi antara mitra-mitra bisnis, ekstranet dibuka untuk penyuplai, pelanggan, dan mitra bisnis lainnya, dan ditutup untuk masyarakat umum.